Kereta Api Walahar Masih Belum Beroperasi Juga, Kenapa ?

 

kereta api walahar

Masih Bertanya-tanya Kenapa KA Walahar Ekspres yang batal beroperasi sejak 24 April 2020 sampai saat ini belum beroperasi Juga ? jadi begini. Sebenarnya pada tanggal 5 Agustus 2020 pernah diujicobakan rangkaian Kereta Api Walahar Ekspres / Jatiluhur tanpa penumpang dari stasiun pasar senen jakarta ke stasiun cikampek Pulang Pergi.

Biasanya kalau ada suatu kereta api yang ujicoba lari lari kecil rute pendek itu pertanda dalam waktu dekat akan kembali beroperasi setelah sebelumnya sempat berhenti beroperasi untuk sementara waktu. (meskipun ada juga kereta api yang tanpa lari lari kecil rute pendek yang tiba tiba langsung loss jalan). Tapi ini berbeda dengan nasib Kereta Api Walahar / Jatiluhur. (Kereta Api Walahar Rutenya Tanjung Priuk - Purwakarta Sedangkan Kereta Api Jatiluhur Rutenya Tanjung Priuk - Cikampek).

Ternyata setelah ujicoba / test run dari Pasar Senen Ke Cikampek Pulang Pergi. kedua kereta ini tidak kunjung beroperasi kembali juga. Padahal yang diujicoba langsung memakai 2 trainset atau 2 rangkaian Kereta Api Walahar atau Kereta Api Jatiluhur. Rangkaian pertama memakai Lokomotif CC 201 92 16 sedangkan rangkaian kedua memakai Lokomotif CC 201 92 20 (Saat Ujicoba Berlangsung).

Itu Yang Terjadi di bulan agustus, nah ada hal lain lagi nih di bulan oktober 2020. apa itu ? jadi pada tanggal 6 Oktober 2020. (tepat 2 bulan setelah dilaksanakan ujicoba KA Walahar PSE-CKP PP.) Kereta ini akhirnya kembali bergerak dari tidurnya, tetapi bukan untuk dinas. terus ngapain ? jadi ada Satu Set (1 Rangkaian) Milik Kereta Api Walahar / Jatiluhur (Sebenarnya Walahar / Jatiluhur itu Memakai Rangkaian Yang Sama, Cuma Ganti Nama Aja). Yang akan "diasistensikan"

Apa Itu Asistensi ? jadi Asistensi secara sederhana berarti "Minjam". jadi 1 rangkaian milik KA Jatiluhur / Walahar akan dipinjam untuk sementara waktu sebagai rangkaian Kereta Api Lokal Merak. Loh apa hubunganya sama Lokal Merak ? Jadi ceritanya begini. Pada Beberapa Kereta Milik Dipo Induk Rangkasbitung (RK) Sudah waktunya untuk menjalani perawatan (PA) yang akan dilakukan di Balai Yasa Manggarai (BY MRI).

Memanfaatkan Situasi Dan Kondisi karena Rangkaian Kereta Api Walahar / Jatiluhur masih batal jalan. Maka Terjadilah Peminjaman Rangkaian Sementara. 1 Set Rangkaian Kereta Api Walahar / Jatiluhur per tanggal 7 Oktober 2020 sudah dipakai di salah satu set / rangkaian Kereta Api Lokal Merak Rangkas Bitung. 

Kemudian 2 Hari Berikutnya Pada Tanggal 9 Oktober 2020, Barulah dikirim Rangkaian Kereta Api Lokal Merak yang sementara digantikan tugasnya oleh rangkaian kereta api walahar untuk pergi ke Manggarai Dari Rangkasbitung yang ditarik oleh Lokomotif CC 201 68 CPN Dipo Induk Cipinang yang sudah menggunakan Logo Baru PT Kereta Api Indonesia.

Terus gimana sekarang kereta api walahar / jatilhurnya ? kan dipake buat KA Lokal Merak untuk sementara ini ? Saat Ini masih ada kok Rangkaian milik Kereta Api Walahar / Jatiluhur. itu Karena Kereta Api Jatiluhur / Walahar punya 3 Rangkaian. Sedangkan yang dipakai KA Lokal Merak Hanya 1 Rangkaian Saja.

Lalu Berapa Lama Masa Asistensi Berakhir ? Ya tentu sampai Rangkaian Kereta Api Lokal Merak selesai menjalani perawatan di Balai Yasa Manggarai. Butuh waktu berapa lama kah ? Kira Kira beberapa minggu atau bahkan 1 bulan setelah tanggal pengiriman. tergantung sesibuk Apakah di Balai Yasa Manggarainya. Karena ada juga Kereta yang sedang menjalani perawatan disana.

Nah Begitu kira kira runtutan kejadian yang terjadi Pada KA Walahar / Jatiluhur saat ini. Jadi Mohon Bersabar untuk menunggu sampai KA Walahar Ini Beroperasi ya ! karena sekarang tinggal 2 rangkaian aja. soalnya 1 rangkaian lagi jalan jalan ke merak lihat laut biar nggak bosen mondar mandir purwakarta - jakarta terus hehe.

Yuk Baca Artikel Menarik Lainnya di Blog Hamid Railfans PRP !

Belum ada Komentar untuk "Kereta Api Walahar Masih Belum Beroperasi Juga, Kenapa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel