Review Naik Kereta Api Sriwijaya



Review Naik Kereta Api Sriwijaya by hamidrailfansprp ! Malam itu saya sudah berada di stasiun tanjung karang, bandar lampung. perjalanan kereta api kali ini saya nyobain naik kereta api limex sriwijaya. jadi Kereta Api Sriwijaya merupakan kereta api penumpang kelas eksekutif - premium yang melayani rute stasiun tanjung karang - stasiun kertapati atau dari lampung ke palembang.


Kereta Api Sriwijaya Terbagi kedalam 2 layanan, yaitu Sriwijaya Eksekutif dan Sriwijaya Premium. pada perjalanan kali ini cukup spesial karena saya mendapatkan kereta api eksekutif mantan kereta api yang dulunya berdinas di pulau jawa, yaitu saya mendapat mantan kereta api sembrani eksekutif. untuk kereta api sriwijaya terdapat fasilitas kereta makan atau restorasi yang berada ditengah kereta atau sebagai pemisah kelas.

Karena ini menarik, maka akan saya bahas, jadi kereta eksekutif yang saya naiki ini merupakan kereta api eksekutif dengan model kaca pesawat, pada awalnya bukan kaca pesawat sih, ini terjadi karena kereta eksekutf ini telah diretrofit menjadi kaca pesawat oleh balai yasa manggarai (BY MRI). yang saya naiki merupakan set Kereta Api Sembrani Blue (Sembrani Biru)

Apa itu Sembrani Biru ? jadi kereta api sembrani biru merupakan kereta api sembrani yang telah dilakukan beberapa perubahan baik interior maupun eksterior, untuk eksterior awalnya kereta api sembrani blue memakai livery ombak lumpur berwarna biru. kemudian yang bikin spesial adalah kursinya, karena kursi yang dipasang di kereta api sembrani blue benar benar spesial yaitu terdapat fasilitas Legrest.

Lho ada legrestnya ? iya betul. ini merupakan inovasi mantap pada saat itu karena dengan adanya legrest kaki kita bisa menjadi lebih nyaman ketika selonjoran. tetapi sayangnya legrest ini tidak bertahan lama, karena beberapa waktu setelah itu fasilitas legrest ini dihilangkan alias dihapus. memang ada kelebihan kereta ini dulunya pernah mempunyai legrest, tapi tetap saja ada minusnya yaitu kursinya tidak ada fasilitas meja lipat.

Tidak hanya dipakai di kereta api sembrani blue, rangkaian eksekutif sembrani blue ini dulu pernah dipinjam sementara oleh kereta api argo bromo anggrek atau argo anggrek jurusan jakarta surabaya atau surabaya jakarta. karena rangkaian berbogie K9 saat itu sering mengalami masalah makanya sementara digantikan oleh rangkaian kereta api sembrani blue.

Setelah itu beberapa rangkaian sembrani blue ini akan dimutasi dari jawa ke sumatera , tidak hanya sembrani blue tetapi ada juga sembrani retrofit new image yang dimutasi beserta 1 kereta makan pembangkit milik dipo bandung. kemudian setelah itu kereta ini diprogram untuk stamformasi kereta api sriwijaya.

Lokomotif CC 204 Kereta Api Sriwijaya malam itu sungguh gagah sekali, karena bagi para pecinta kereta api atau railfans sangat menyukai hal ini. banyak dari mereka yang kangen akan tarikan atau suara semboyan 35 lokomotif cc 204 yang merdu ini.

Ohiya, Untuk Kereta Api Sembrani New Image dengan Sembrani Blue yang dipakai untuk sarana kereta api sriwijaya ini berbeda ya, fasilitas dan interiornya pun berbeda alias tidak sama. kalau sembrani blue itu memakai model gang pintu pinggir sedangkan sembrani new image memakai gang model tengah. 

Kemudian setelah saya perhatikan untuk mantan kereta api sembrani new image tidak memiliki single seat, itu karena ruangan untuk single seat sudah habis dipakai untuk sebuah rak bagasi berukuran besar, sehingga kursi single seatnya digabung, yang harusnya dipisah. ini adalah hal yang tidak saya sukai dari kereta api sembrani new image, berbeda dengan kereta api sembrani blue yang memiliki single seat.

Belum ada Komentar untuk "Review Naik Kereta Api Sriwijaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel