Review Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport YIA

review kereta api bandara yia

Review Naik Kereta Api Bandara YIA by hamidrailfansprp ! jadi pagi itu saya sudah berada di stasiun tugu yogyakarta, saat itu saya mau mencoba layanan kereta baru dari PT KAI yaitu kereta bandara YIA, sebelum masuk ke dalam stasiun tentu saya sudah membeli atau memesan tiketnya secara online di hp saya yaitu memakai aplikasi KAI Access, jadi saya nggak usah antri lagi deh di loket stasiun yogyakarta untuk beli tiket kereta bandara YIA (Yogyakarta International Airport)



Perlu diketahui, Sistem kereta api bandara YIA (Yogyakarta Internasional Airport) ini menggunakan nomor tempat duduk, jadi perhatikan nomor kursi atau tempat duduk yang tertera di tiket kereta api bandara YIA. karena ternyata di kereta ini dijual juga tiket tanpa nomor tempat duduk alias berdiri, jadi pastikan kalian jangan sembarangan duduk ya karena bisajadi di kursi tersebut ada pemilik dengan nomor kursi di tiketnya !

Oke lanjut, Setelah kalian memesan tiket atau membeli tiket KA Bandara YIA baik di loket stasiun jogja maupun di aplikasi KAI Access, siapkan tiketnya dan scan saat proses boarding, ohiya ini pengalaman saya ketika boarding, agak aneh tapi ya begitulah. ternyata harus menunjukkan kartu identitas, loh kan saya kaget dong, padahal saya udah pernah naik KA Bandara Soetta Sama KA Bandara Kualanamu tapi nggak diminta menunjukkan Kartu Identitas saat boarding. mungkin karena beda pengelola kali ya secara KA Bandara YIA dikelola oleh PT KAI bukan oleh PT Railink,

Setelah proses boarding selesai, saatnya untuk masuk kedalam kereta api bandara YIA. dan ternyata rangkaian yang digunakan KA Bandara YIA pagi itu merupakan mantan kereta api lokal yang dulunya ditugaskan di tanah sumatera yaitu Kereta Api Way Umpu. tetapi bedanya kali ini kereta api way umpu sudah berganti livery menjadi warna hijau baik eksterior maupun interiornya.


Rangkaian kereta api bandara YIA tersedia di jalur 1 stasiun yogyakarta, sambil menunggu waktu pemberangkatan karena masih lama yasudah saya jalan jalan dulu karena penasaran dengan interior KA Bandara YIA ini. pagi itu karena memang sedang liburan jadi cukup ramai penumpang kereta api bandara YIA ini. tapi yang jelas nggak semua mau beneran ke bandara YIA loh. karena kan belum jadi relnya juga, jadi KA Bandara YIA ini berhenti juga di stasiun Wojo, untuk penumpang tujuan bandara YIA silakan turun di stasiun wojo dan setelah itu lanjut transit naik bus shuttle yang tentunya bayar lagi.

Suasana bekas way umpunya masih membekas bagi saya, karena yang diubah hanyalah warna saja, sisanya tidak diubah menjadikan saya teringat ketika menaiki kereta ini ketika masih ada di sumatera yaitu di lampung. kursi kereta api way umpu ini modelnya hadap hadapan. dan untuk pintunya KA Bandara YIA ini buka tutup pintu secara otomatis.

Pintu ditutup dan berangkatlah kereta api bandara YIA meninggalkan jalur 1 stasiun yogyakarta, kereta bandara YIA ini rutenya ada yang Yogyakarta - Kebumen Pulang Pergi dan ada juga KA Bandara YIA yang rutenya pendek hanya Yogyakarta - Wojo saja. kalau saya naiknya yang sampai kebumen, karena kalau cuma sampai wojo nggak puas rasanya hehehe.

Kereta Api Bandara YIA ini menjadi alternatif bagi para pengguna jasa kereta api di daop 6 karena kereta bandara YIA ini saya rasa bisa dijadikan kereta cadangan bilamana kita kehabisan tiket prameks, solusinya ya naik KA Bandara YIA aja meskipun lebih mahal tarifnya, ya anggap saja agak kepaksa gitu daripada tidak ada solusi sama sekali bukan.

Ini merupakan pertama kalinya saya naik KRD tapi sampai stasiun kebumen, benar benar momen luar biasa bagi hidup saya karena bisa merasakan ini. 

Belum ada Komentar untuk "Review Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport YIA "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel